Apa itu Beakeun?

Kami adalah Beakeun. Badan Etimologi Amanat Konspirasi & Emansipator Universalis Nasional. Panjang sekali dan sebenarnya gak ada artinya (Emansipator Universalis… apa coba?). kami bikin begini biar enak aja kalau disingkat. coba deh ngomong “Beakeun… Beakeun…”, enak khan? terserah mau nyebutnya Bea-kEn, Bea-kUn atau Bea-kE-Un atau monyong-monyong pakai logat sunda sekalipun. Yang pasti jangan kayak orang Jerman yang baca “EU” jadi “OI”.

Kami berdiri sejak 1999 (masih dalam perdebatan tanggal tepatnya, tapi sekitaran lebaran haji dan kalau gak salah pas bulan bongkok). Kami mencoba mempertanyakan semua hal BUKAN layaknya seperti seorang filsuf. iya, sekali lagi BUKAN seperti filsuf (ini penegasan). Mengapa kami BUKAN seperti filsuf? —maaf kalau diulang lagi— Karena, filsuf cuman terlihat keren kalau pake baju kerah kaku dan/atau kumis kayak berang-berang. Tidak! kami tidak suka seperti itu (karena kalo makan nasi padang, kuahnya nyelap-nyelap nanti). titik.

Intinya, kami akan mencoba membahas dan menjawab berbagai macam permasalahan dan/atau pertanyaan di hidup ini, Dari yang linkupnya kecil dan bodoh seperti Bahasa indonesia-nya Newt kenapa kadal air? sampai yang besar-besar dan ribet seperti Konspirasi dalam penggunaan kata payudara. Semua akan kami coba jawab dengan sedangkal-dangkalnya tetapi dengan riset yang sedalam-dalamnya dan dalam tingkatan pemaknaan yang berlapis-lapis (apa sih?). Karena, biasanya jawaban-jawaban dangkal itu akan mengantarkan kita ke jawaban-jawaban yang lebih grande, yang lebih mempesona dan bahkan mungkin akan memberi kita pencerahan ke dalang utama-nya —yang pasti ujung-ujung-nya semua itu ulahnya Illuminati (sebenarnya semua itu akibat ulah Nabi Adam, tapi kasihan nabi Adam disalahin mulu, gantian lah)

Walaupun kami masih kalah kuat berdiri dari Nyonya Meneer (beliau berdiri sejak 1919 —hebat, beda 80tahun bray!) dan kami baru juga tahun 2010 ini mulai menyuratkan pemikiran-pemikiran kami, kami percaya bahwa entah dimana itu, jauh di depan sono atau bahkan di bawah mata kami sendiri, ada pertanyaan yang masih tidak enak jawabannya. Dan pastinya kami akan coba jawab. syukur-syukur jawabannya valid dan dijadikan landasan teori buat thesis orang, lalu thesis orang itu merubah dunia, lalu orang itu diwawancara, lalu nama kami disebutkan dalam media masa, lalu masyarakat mulai mengenal kami, lalu kami jadi terkenal, lalu ada yang bikin buku biografi kami, lalu semua orang akan berpaling ke kami untuk jawaban, lalu ujung-ujungnya kami akan menancapkan bendera kami di dunia ini. Amin.