kenapa disebut kumpul kebo?

Ditanyakan oleh: Anonymous

Ini jawaban kami:

Istilah kumpul kebo umumnya ditujukan kepada pasangan yang tinggal serumah (samenleven = hidup bersama, bahasa Belanda) atau yang melakukan hubungan seks tanpa ada ikatan pernikahan seperti layaknya binatang. Namun kenapa hewan yang dipilih adalah kerbau? bukannya semua hewan sama-sama aja seksnya?

Pertama, kerbau itu berlimpah di Indonesia. dimana-mana pasti ada kerbau. Jadi apabila ada yang nanya “hewan Indonesia apa ya?” pasti yang terpikir pertama kali adalah kerbau

Kedua, kerbau terbilang unik. Jarang sekali kita menemui/memergoki pasangan kerbau yang sedang melakukan hubungan badan, selain hanya sekedar kumpul bareng saling bercumbuan saja, tidak lebih. Tetapi tahu-tahu si kerbau bunting dan melahirkan. Seperti manusia aja, diam-diam, pacaran-pacaran, sembunyi-sembunyi, seks-seks, eeh hamil!

Itu mungkin jawabannya.

Tapi, kami kurang puas dan melakukan riset lebih dalam.

Kumpul kebo merupakan istilah Jawa. Berbeda dengan pengertian jaman sekarang (kumpul kebo = samenleven). Di jaman dahulu, istilah kumpul kebo itu hanya ditujukan kepada pasangan lelaki dan perempuan yang dulunya sudah pernah menikah namun sah bercerai (talak tigo) lalu kemudian bersemi kembali api asmara diantara mereka dan mereka kembali berhubungan (pacaran/ seks) tapi belum terikat oleh perkawinan yang sah.

Begitulah kira-kira.

Rujukan:
Kenapa Kumpul Kebo?
Terpeleset ke Kelirumologi