Kakak kakak, kenapa sih kantung kecil yang pake serutan tali di atasnya disebutnya 'kanjut kundang'? Kan jorok jadinya kesannya.

Ditanyakan oleh: Anonymous

Ini jawaban kami:

Kanjut Kundang adalah tas kecil yang biasa digunakan untuk menyimpan uang receh atau benda-benda kecil lainnya.

Secara harafiah, Kanjut Kundang berarti Kantung Penis. Kenapa musti penis? Karena bentuknya yang menggayut-gayut persis dengan penis dan terutama bagian buah zakar-nya.

Mengenai kesan 'jorok',
menurut budayawan Sunda, H.Taufiqurrahman, munculnya kata 'kanjut' dan kata kelamin lainnya dalam ungkapan atau penamaan sebuah benda, dikarenakan sifat khas orang sunda itu sendiri yang pikirannya mudah terpeleset ke hal-hal yang begituan (gampang ngeres pikirannya). Dan juga, dalam tata bahasa Sunda, penyebutan organ kelamin tidak dianggap sebagai suatu hal yang negatif. Sederajat dengan nama-nama organ tubuh lainnya.

Sejatinya, oleh orang sunda, kata "kanjut" dan kata penunjuk organ kelamin lainnya (seperti heunceut = vagina) itu tidak dianggap kotor, jorok atau mesum. Maka dari itu apabila anda orang sunda, jangan pernah merasa malu untuk menyebut atau menggunakan kata kanjut di dalam suatu kalimat.

Tapi ingat! Bahasa Sunda adalah bahasa berstrata. Kata kanjut adalah kata penunjuk kelamin dalam strata paling rendah, cocok dipakai berbicara pada orang yang umur dan kedudukannya sama atau lebih muda dari kita. Jangan coba-coba ngomong kanjut ke ibu anda. Tidak sopan! bisa dibaledogan ku sendal nepi ka paeh!

Rujukan:
SOAL KELAMIN DALAM SUNDA DAN INDONESIA - Ihsan Satyanugraha